Bab 9
Mempengaruhi sikap dan
perilaku
1.Dari bujukan hingga
komunikasi
Berawal dari Stimulan yang
merupakan masukan proses perilaku dibedakan atas rangsangan pemasaran dari
pemasar dan rangsangan dari lingkungan konsumen itu sendiri. Sedangkan proses
pengambilan keputusan dipengaruhi oleh faktor personal maupun sosial konsumen.
Respons perilaku konsumen dapat dijadikan faktor yang dapat membentuk keputusan
pembelian (yaitu pembelian selanjutnya) atau tidak melakukan pembelian (menolak
produk yang ditawarkan).
Rangsangan pemasaran dari
pemasar yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen yaitu seluruh
kegiatan pemasaran yang meliputi bujukan hingga komunikasi mengenai produk
tertentu yang ditawarkan. Para pemasar dapat melakukan kegiatan yang dapat
dijadikan teknik modifikasi perilaku konsumen. Berbagai teknik modifikasi yang
dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen adalah melalui beberapa aspek
pemasaran yang meliputi aspek produk, aspek harga, dan aspek promosi.
2. Teknik modifikasi perilaku
Modifikasi perilaku menunjuk
kepada teknik mengubah perilaku, seperti mengubah perilaku dan reaksi seseorang
terhadap suatu stimulus melalui penguatan perilaku adaptif dan/atau
penghilangan perilaku maladaptif melalui hukuman. Istilah ini pertama kali
digunakan oleh Edward Thorndike pada tahun 1911 dalam artikelnya Provisional
laws of acquired behavior or learning.
Eksperimen psikologi klinis menggunakan istilah modifikasi perilaku untuk
merujuk pada teknik psikoterapi khususnya untuk meningkatkan perilaku adaptif
dan menghilangkan yang maladaptif. Dua istilah lain yang berhubungan adalah
terapi perilaku dan analisis perilaku. Dalam hal ini, beberapa penulis, menganggap
bahwa modifikasi perilaku cakupannya lebih luas.
Sumber:http://id.m.wikipedia.org/wiki/Modifikasi_perilaku
Sumber:http://nonaninda.blogspot.com/2012/11/mempengaruhi-sikap-dan-perilaku_13.html?m=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar