Bab 11
Pengaruh kelas sosial dan
status
Definisi Kelas Sosial
Berdasarkan karakteristik
Stratifikasi sosial, dapat kita temukan beberapa pembagian kelas atau golongan
dalam masyarakat. Istilah kelas memang tidak selalu memiliki arti yang sama,
walaupun pada hakekatnya mewujudkan sistem kedudukan yang pokok dalam
masyarakat. Pengertian kelas sejalan dengan pengertian lapisan tanpa harus
membedakan dasar pelapisan masyarakat tersebut.
Kelas Sosial atau Golongan
sosial mempunyai arti yang relatif lebih banyak dipakai untuk menunjukkan
lapisan sosial yang didasarkan atas kriteria ekonomi.Jadi, definisi Kelas
Sosial atau Golongan Sosial ialah:Sekelompok manusia yang menempati lapisan
sosial berdasarkan kriteria ekonomi.
Status Sosial
Kelas sosial timbul karena
adanya perbedaan dalam penghormatan dan status sosialnya. Misalnya, seorang
anggota masyarakat dipandang terhormat karena memiliki status sosial yang
tinggi, dan seorang anggota masyarakat dipandang rendah karena memiliki status
sosial yang rendah.
1.Jenjang sosial
A.Jenjang sosial merupakan
bagian yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat di kota maupun di
desa. Hal ini di karenakan setiap manusia memiliki keinginan untuk dihargai
maupun di hormati lebih dari manusia manapun, sehingga akan terbentuk jenjang
sosial yang akan mengakibatkan adanya pembedaan sosial di dalam masyarakat.
B. Jenjang sosial
selalu menjadi masalah sebuah negara, baik negara maju maupun bagi negara yang
sedang berkembang. Masalah jenjang sosial sampai saat ini belum mendapatkan
jalan keluar, mengingat masih banyak pengangguran dan juga penghasilan
masyarakat yang belum mampu menutupi kebutuhannya sehari-hari. Karena itu,
pemerintah mengharapkan adanya kerjasama dengan berbagai kegiatan sosial, agar
jenjang sosial ini dapat diminimalisir.
2.Pengertian jenjang sosial
Jenjang sosial adalah
pembagian anggota masyarakat ke dalam suatu hierarki status kelas atau jenjang
yang berbeda sehingga para anggota setiap kelas secara relatif mempunyai status
yang sama, dan para anggota kelas lainnya mempunyai status yang lebih tinggi
atau lebih rendah.
Pengertian jenjang sosial
merupakan kondisi dimana seseorang berusaha untuk dapat menaikan kelas sosialnya
pada suatu posisi yang mana mencerminkan status sosialnya menjadi
lebih baik di masyarakat.
Hal ini berkaitan erat dengan
kondisi sosial sebelumnya yang berusaha untuk dinaikan agar dapat lebih
dihargai dan dihormati oleh sesamanya, dan dapat dikatakan orang yang berhasil.
Dan dapat disimpulkan bahwa
jenjang sosial akan berubah seiring dengan pencapaian dan keberhasilan nya
dalam merubah kelas sosialnya. Serta akan menghasilkan status sosial yang lebih
tinggi dari sebelumnya sesuai dengn pencapaiannya.
3. Faktor penentu kelas
sosial
Kelas sosial ada yang
tercipta sejak lahir namun ada juga yang harus dengan susash payah untuk
mendapatkannya, baik itu dengan sekolah maupun lembaga tinggi lainnya.
Menurut Engel, Blackwell
dan miniard (1995) mengemukakan pendapat Gilbert dan Kahl yang menyebutkan
bahwa ada sembilan variabel yang menentukan status atau kelas sosial seseorang,
kesembilan variabel tersebut digolongkan ke dalam tiga kategori, yaitu sebagai
berikut :
Variabel Ekonomi
a) Status
pekerjaan
b) Pendapatan
c) Harta
benda
Variabel Interaksi
a) Prestis
individu
b) Asosiasi
c) Sosialisasi
Variabel Politik
a) Kekuasaan
b) Kesadaran
kelas
c) Mobilitas
4. Pengukur kelas sosial
Ada Tiga faktor yang biasa
mempengaruhi atau digunakan untuk menilai statifikasi / atau
mengukur kelas sosial yang ada di masyarakat , antara lain adalah ;
1. Kekayaan relative
2. Kekuasaan atau pengaruh
3. Martabat
Pengukuran kelas sosial dapat
juga dilakukan melalui beberapa pengukuran yang bersifat objektif:
1.Ukuran
subjektif dimana orang diminta menentukan sendiri posisi kelas sosialnya.
(kelas sossial di tentukan
secara pribadi)
2.Ukuran
reputasi ditentukan oleh orang lain dari luar lingkungannya.(kelas sosial ditentukan
menurut reputasinya)
3. Ukuran
objektif didasarkan atas variable sosioekonomi seperti pekerjaan, basar
pendapatan, dan pendidikan.
(kelas sosial dikarenakan
kekayaan dan pekerjaan)
5.Apakah kelas sosial
berubah?
Menurut Paul B. Horton,
mobilitas sosial atau perubahan sosial adalah suatu gerak perpindahan dari satu
kelas sosial ke kelas sosial lainnya atau gerak pindah dari strata yang satu ke
strata yang lainnya.
Cara untuk melakukan
perubahan sosial
Secara umum, cara orang untuk
dapat melakukan mobilitas sosial ke atas adalah sebagai berikut :
Perubahan standar hidup
Perkawinan
Perubahan tempat tinggal
Perubahan tingkah laku
Perubahan nama
6.pemasaran pada segmen
pasar berdasar kelas sosial
Dalam ilmu pemasaran, sebelum
melakukan berbagai macam promosi atau pendekatan pemasaran lainnya, pasar atau
segmen yang dibidik harus jelas lebih dahulu. Segmentasi merupakan seni
mengidentifikasikan serta memanfaatkan peluang-peluang yang muncul di pasar.
karena perilaku membeli sangat dipengaruhi oleh kelas sosial maka kelas sosial
dapat mensegmentasi pasar secara tepat dapat mengidentifikas golongan pasar
tertentu. Untuk mencapai hasil pemasaran yang optimal, kita pertama kali harus
terlebih dahulu melakukan segmentasi pasar atas produk yang akan kita jual.
Segmentasi pasar pada intinya membagi potensi pasar menjadi bagian-bagian
tertentu; bisa berdasar pembagian demografis; berdasar kelas ekonomi dan pendidikan
ataupun juga berdasar gaya hidup (psikografis).
Pembagian segmen yang paling
lazim dilakukan adalah berdasar kelas sosial ekonomi. Sebagai misal, pembagain
yang sering dilakukan adalah membagi lapisan pasar menjadi empat kelas : misal
kelas C (kelas ekonomi rendah), kelas B (menengah), dan kelas AB (menengah
atas) dan kelas A (golongan atas). Sebagai misal, produk kartu ponsel Esia yang
murah meriah cenderung ditujukan untuk golongan B dan golongan C. Sementara
produk mobil mewah seperti BMW atau produk tas Gucci ditujukan untuk segmen
kelas atas. (Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi yang bagus tentang
mmarketing management dan strategy
Sumber:http://ayankvoice.wordpress.com/2013/01/10/pengaruh-kelas-sosial-dan-status/
Sumber:http://blog.ub.ac.id/nadiaayuhemayanti/2013/01/01/artikel-pengaruh-kelas-sosial-terhadap-pembelian-dan-world-class-entrepreneurial-university/
Sumber:http://sulut.kemenag.go.id/file/file/BimasHindu/fpaz1340245515.pdf
Sumber:http://sahbudin.blogspot.com/2011/10/pengaruh-kelas-sosial-dan-status.html#!/2011/10/pengaruh-kelas-sosial-dan-status.html
Sumber:http://rajapresentasi.com/2009/08/segmentasi-targeting-dan-positioning-dalam-manajemen-pemasaran/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar