Bab 5
Pembelian
1. proses keputusan membeli
dilihat dari:
a. Pengenalan Kebutuhan
Merupakan tahap pertama proses keputusan pembeli, yaitu
ketika konsumen mengenali
adanya masalah atau
kebutuhan.
b. Pencarian Informasi
Tahap yang merangsang konsumen untuk mencari informasi
lebih banyak, konsumen
mungkin hanya meningkatkan
perhatian atau mungkin aktif mencari informasi dari sumber-sumber atau beberapa
alternatif,diantaranya:
·
Sumber
pribadi :
keluarga, teman, tetangga, kenalan
·
Sumber komersial : Iklan, wiraniaga,
agen, kemasan, pajangan
·
Sumber
publik
: media massa, organisasi penilai konsumen
·
Sumber pengalaman : penanganan, pemeriksaan dan menggunakan
produk
c. Evaluasi Alternatif
Tahap ketika konsumen menggunkan informasi untuk
mengevaluasi merek alternatif
dan perangkat pilihan.
d. Keputusan Membeli
Tahap, ketika konsumen benar-benar membeli produk .
setelah mengevaluasi alternatif yang ada dan mempelajarinya agar meyakinkan untuk
mengambil suatu keputusan.
f. Tingkah Laku Pasca
Pembelian
Tahap ketika konsumen mengambil tindakan lebih lanjut
setelah membeli berdasarkan
pada rasa puas dan tidak
puas. Sehingga dapat mengevaluasi alternatif lain yang ada setelah melakukan
transaksi.
Bedasarkan teori-teori diatas bahwa seorang konsumen
sebaiknya mengikuti proses-proses tersebut dalam menjalani kegiatan ekonomi
dalam bidang konsumsi, sehingga para konsumen bisa dapat seksama menjalani dan
mempelajari apa-apa yang harus dilakukan dalam proses transaksi.
2. Memilih Alternatif terbaik
Setelah konsumen menerima pengaruh dalam kehidupannya
maka mereka sampai pada keputusan membeli atau menolak produk. Pemasar dianggap
berhasil kalau pengaruh-pengaruh yang diberikannya menghasilkan pembelian dan
atau dikonsumsi oleh konsumen. Keputusan konsumen, tingkatan-tingkatan dalam
pengambilan keputusan, serta pengambilan keputusan dari sudut pandang yang
berbeda bukan hanya untuk menyangkut keputusan untuk membeli, melainkan untuk
disimpan dan dimiliki oleh konsumen.
3. Memilih sumber-sumber
pembelian
Pencarian informasi dapat bersifat aktif atau pasif,
internal atau eksternal, pencarian informasi yang bersifat aktif dapat berupa
kunjungan terhadap beberapa toko untuk membuat perbandingan harga dan kualitas
produk, sedangkan pencarian informasi pasif hanya dengan membaca iklan di
majalah atau surat kabar tanpa mempunyai tujuan khusus tentang gambaran produk
yang diinginkan.
Pencarian informasi internal tentang sumber – sumber pembelian dapat berasal dari komunikasi
perorangan dan pengaruh perorangan yang terutama berasal dari komunikasi
perorangan dan pengaruh perorangan yang terutama berasal dari pelopor opini,
sedangkan informasi eksternal berasal dari media masa dan sumber informasi dari
kegiatan pemasaran perusahaan.
•
Sumber
pribadi :
keluarga, teman, tetangga, kenalan
•
Sumber komersial : Iklan, wiraniaga,
agen, kemasan, pajangan
•
Sumber
publik
: media massa, organisasi penilai konsumen
•
Sumber pengalaman : penanganan, pemeriksaan dan menggunakan produk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar