ILUSTRASI
KOMUNIKASI INGGRIS BISNIS
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan
pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya
pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan. Dalam ilmu
ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada
konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba. Secara historis kata
bisnis dari bahasa inggris business dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”
dalam konteks indivisu, komunitas, ataupun masyarakat.
Dapat dikata bahwa secara garis besar komunikasi inggris
bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup
berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal untuk
mencapai tujuan tertentu.
1. komunikasi verbal (
verbal communication)
Merupakan salah satu bentuk komunkasi yang disampaikan
kepada pihak lain melalui tulisan (written) dan lisan (oral). Contoh:membaca
majalah, membaca surat kabar, dan mempresentasikan makalah dalam suatu acara
seminar.
Adapun dalam komunikasi secara verbal dibutuhkan
pengungkapan kata-kata yang disusun dalam suatu pola yang berarti, baik dalam
bentuk tulisan mapun lisan, seperti: berbicara dan menulis (surat, memo dan
laporan) serta mendengarkan dan membaca.
2. komunikasi nonverbal
Merupakan bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam
komunikasi bisnis.dalam komunikasi nonverbal memiliki sifat kurang terstruktur
sehingga sulit dipelajari, seperti memahami dalam penggunaan bahasa
isyarat,ekspresi wajah, gerakan tubuh, sandi, simbol-simbil, warna dan intonasi
suara. Pesan yang disampaikan biasanya secara spontan.
Adapun komunikasi nonverbal memiliki beberapa
tujuan,yaitu :
- Menyediakan
dan memberikan informasi
- Mengatur
alur suatu percakapan
- Mengekspresikan
emosi
- Memberi
sifat dan melengkapi, menentang atau mengembangkan pesan-pesan verbal
- Mengendalikan
atau mempengaruhi orang lain
_ Mempermudah
tugas-tugas khusus, misalnya dalam memberikan pengajaran pada saat kuliah
Sering
kali dalam komunikasi inggris bisni memiliki gangguan bahkan dapat menjadi
buntu sama sekali. Factor hambatan yang biasanya terjadi dalam proses komunikasi dibagi menjadi 3, diantaranya :
1.
Hambatan
teknis, jenis ini timbul karena lingkungan yang memberikan
dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan dan dari
sisi teknologi keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi.
2.
Hambatan
semantik, jenis ini menjadi hambatan dalam proses penyampaian
pengertian atau ide secara efektif.
3. Hambatan
manusiawi, jenis ini muncul dari masalah masalah
pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik
komunikator maupun komunikan.
Secara
singkat ada 5 hambatan dalam komunkasi, yaitu : jenis kelamin, usia, budaya,
pekerjaan, dan waktu.
Beberapa
hal yang menghambat komunikasi inggris bisnis, diantaranya:
1. Iklim komunikasi tertutup, karyawan
sedikit mengetahui tentang perusahaan, informasi dikuasai oleh pemimpin.
2. Struktur organisasi yang besar dan
berjenjang, distorsi, penyampaian tertunda, persepsi berbeda.
3.
Filtering, pesan dirubah, diperpendek
atau diperpanjang.
4.Tidak percaya, merasa diperdaya,
dimanipulasi atau diperlakukan dengan tidak adil.
5. Rivalitas antar karyawan, saling mengrahasiakan
informasi yang bisa menguntungkan orang lain.
6. Status dan power.
Beberapa
hal untuk mengatasi hambatan komunikasi inggris bisnis, diantaranya :
1.
Mendorong iklim komunikasi terbuka,
mendorong masukan dan feedback dari karyawan
2.
Menyederhanakan struktur organisai,
mengurangi layer, informasi lebih cepat
3. Mempromosikan
komunikasi horizontal, meningkatkan moral,
menambah ide-ide
4. Membuat
pusat isu, karyawan bisa mengkonfirmasi isu yang berkemang
5. Membuat
saluran formal seperti newsletter untuk memuat berita
atau informasi perusahaan
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar