CV ( curriculum vitae)
1.Pengertian
CV
Curriculum
vitae (CV; juga ditulis curriculum vitæ) atau daftar riwayat hidup adalah
dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi
lainnya. Di beberapa negara, suatu CV biasanya merupakan hal utama yang
dijumpai seorang majikan potensial tentang pencari kerja dan sering digunakan
untuk menyaring aplikan (orang-orang yang melamar kerja secara daring) ketika
mencari pekerjaan, biasanya dilanjutkan dengan wawancara.
2. Hal-Hal
Yang Berhubungan Dengan CV
A. Urutan Penulisan Curriculum Vitae (Resume, Daftar
Riwayat Hidup)
1. Identitas (Data Pribadi)
Cantumkan
identitas anda dengan jelas, seperti : Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat dan
Tanggal Lahir, Kewarganegaraan, Agama, Status Perkawinan, Tinggi dan Berat
Badan, Alamat Lengkap, Telepon & HP, serta e-mail (bila ada).
Khusus untuk e-mail, sebaiknya anda memilikinya. Jika
tidak memilikinya, anda dapat membuat alamat email di Gmail, Yahoo, atau
Hotmail atau yang lainnya.
2. Pendidikan
Cantumkan
pendidikan formal dan pelatihan/kursus yang pernah anda ikuti; lengkap dengan
tahun masuk dan tahun lulus, jurusan, jenjang studi, dan nama lembaganya.
Urutannya dimulai dari pendidikan formal terlebih dulu, baru kemudian
pendidikan non formal (pelatihan, kursus, dsb).
3. Kemampuan
Uraikan
secara singkat kemampuan anda yang relevan dengan bidang pekerjaan yang
dilamar. Misalkan anda melamar kerja di bidang akuntansi, maka jelaskan secara
singkat bahwa anda memahami akuntansi dan administrasi, sistem perpajakan,
biasa bekerja menggunakan komputer, dsb-nya. Tentu saja kemampuan-kemampuan
yang anda tulis/cantumkan tersebut harus benar-benar anda miliki. Jangan
mencantumkan kemampuan yang tidak anda miliki.
4. Pengalaman kerja
Cantumkan
deskripsi singkat tentang pekerjaan anda pada perusahaan sebelumnya, lengkap
dengan pangkat, jabatannya, jenis pekerjaan, prestasi (bila ada), tanggung
jawab dan wewenang pekerjaan. Serta periode kerja, yaitu bulan dan tahun mulai
menempati dan mengakhiri posisi tersebut.
Urutannya dimulai dari pekerjaan (atau jabatan atau
posisi) terakhir.
5. Pengalaman Organisasi (bila ada)
Cantumkan
pengalaman organisasi yang relevan (sesuai atau berhubungan) dengan jenis
pekerjaan yang anda lamar tersebut. Bila tidak ada yang relevan, lewati saja
nomor 5 ini.
6. Referensi Kerja (bila ada)
Bila
memungkinkan, cantumkan referensi, yaitu orang yang bisa dihubungi oleh pihak
penyeleksi lamaran kerja untuk menanyakan hal-hal penting seputar diri anda
(biasanya nama atasan dimana anda bekerja sebelumnya).
Penting : Dalam hal pencantuman nama orang yang akan
dijadikan referensi, anda harus sangat yakin bahwa orang tersebut benar-benar
mengetahui tentang anda serta akan memberikan informasi positif mengenai diri
anda. Seandainya anda ragu-ragu bahwa orang tersebut akan memberikan informasi
positif tentang anda, maka anda tidak perlu mencantumkan referensi kerja
tersebut (lewati saja yang nomor 6 ini).
7. Pengalaman lain yang menunjang (bila ada)
Cantumkan
pengalaman lain yang menunjang "promosi anda". Dan sebaiknya yang
relevan dengan jenis pekerjaan yang anda lamar tersebut. Jika anda melamar
untuk posisi pemrogram komputer, maka pengalaman anda sebagai Ketua RW atau
juara bulutangkis, tentunya tidak relevan. Jadi bila tidak ada yang relevan,
lewati saja nomor 7 ini.
3. Beberapa
Saran Penting
1. Jujur, Jangan Berbohong
Ingat,
jangan sekali-kali menuliskan pada CV anda suatu pengalaman yang anda sendiri
tidak mengalaminya. Memang seseorang terkadang merasa gengsi dengan pengalaman yang
dia miliki, karena merasa kalah pengalaman. Percayalah pada diri anda sendiri
bahwa anda mempunyai kelebihan yang orang lain tidak punya.
2. Jumlah Halaman
Pada
umumnya CV hanya terdiri dari 1 (satu) atau 2 (dua) halaman. Namun jika memang
riwayat pekerjaan/karir anda sangat banyak, juga pendidikan/kursus/pelatihan
anda sangat banyak. Dan anda menganggap bahwa itu penting untuk ditampilkan,
maka anda boleh menambahkannya menjadi 3 (tiga) halaman CV sebagai lampiran
Surat Lamaran Kerja, tidak masalah.
Tetapi khusus untuk Surat Lamaran Kerja, tetap
upayakan 1 (satu) halaman.
3. Tata Bahasa, Tanda Baca, dan Ejaan
Tidaklah
dibenarkan jika dalam resume terjadi kesalahan-kesalahan menyangkut tata
bahasa, tanda baca, dan ejaan. Bacalah kembali tata bahasa di buku atau Kamus
Bahasa Indonesia.
Jika anda menulis CV dalam Bahasa Inggris, dan anda
belum yakin, maka cobalah minta dicek kembali atau di-review oleh teman/kerabat
yang menguasai Bahasa Inggris tersebut.
4. Eksplisit (Gamblang, Jelas)
Jangan
membuat orang yang membaca CV atau resume anda mengintepretasikan atau
mengartikan hal yang berbeda.
Contoh sederhana : Di CV pada bagian pendidikan, anda
menuliskan Sarjana Akuntansi Universitas XYZ, dan tidak menambahkan nama kota
lokasinya. Jangan berasumsi bahwa pembaca pasti tahu Institut Bisnis dan
Informatika Indonesia itu ada di Jakarta. Oleh karena itu tambahkan nama kota
dibelakangnya, misalkan Sarjana Akuntansi Universitas XYZ - Jakarta.
5. Mudah Dibaca dan Mudah Dicerna
CV
yang dibuat secara kacau-balau menggambarkan pikiran yang tidak jernih dan
ketidakmampuan penulis dalam menuangkan isi hatinya. Oleh karena itu sangat
penting membuat CV yang mudah dibaca, mudah dicerna, urutannya jelas, dan
logis.
Bila perlu bagian-bagian atau kata-kata yang anda anggap
sangat penting untuk ditonjolkan, dapat ditulis dengan huruf tebal (bold).
Namun jangan terlalu banyak bagian yang ditebalkan, sehingga tidak terlihat
lagi bagian yang sangat penting tersebut.
4.Manfaat
Curiculum Vitae
Manfaat curiculum vitae adalah menjelaskan keterangan diri, informasi
diri, data diri dan sebagainya. Dengan CV, setiap orang yang membaca dan
memeriksa CV seseorang akan dapat mengetahui dan menelaah setiap orang dari
informasi diri yang telah diberikan, serta dapat memberikan gambaran seseorang
melalui kegiatan – kegiatan atau dari spesifikasinya dalam pendidikan dan
berorganisasi. Dengan kata lain manfaat CV menjelaskan kriteria diri dalam
bentuk teks.
5. Contoh CV
Jakarta, 01 Januari 2010
Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
RS MITRA KELUARGA GRUP
Di Tempat
Dengan hormat,
Sesuai dengan pengembangan dan kemajuan rumah sakit,
saya yakin di perlukan banyak tenaga ahli dan profesional untuk menunjang
kelangsungannya. Sehubungan dengan hal tersebut, perkenankan saya mengajukan
diri (melamar kerja) sebagai tenaga administrasi kesehatan /tenaga
counter/tenaga lainnya untuk bergabung.
Data singkat saya, seperti berikut ini.
Nama : Wida Astuti
Tempat & tgl. Lahir : Jakarta 10 Oktober 1980
Pendidikan Akhir : Diploma III STIKES MH. Thamrin
Jakarta Timur
Alamat : Rawageni, Jl. Swadaya I, Rt 06, Rw 08, no. 34
Ratu Jaya, PanMas, Depok 16431
Telepon, HP, e-mail : 021 - 7777777, 021 – 999999,
0813 – 111111, widastuti@yahoo.co.id
Status Perkawinan : Menikah
Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan
dapat berbahasa Inggris pasif secara lisan maupun tulisan. Latar belakang
pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen yang baik.
Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama
mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, PowerPoint, juga
internet, maupun surat-menyurat.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
Daftar Riwayat Hidup.
Foto copy ijazah Diploma III Manajemen Pelayanan RS
dan transkrip nilai.
Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
Pas foto terbaru.
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu
untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara
lebih terperinci tentang potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas
perhatian Bapak/Ibu.
Hormat saya,
Wida Astuti
Daftar Riwayat Hidup
Data Pribadi
Nama : Wida Astuti
Jenis kelamin : Perempuan
Tempat, tanggal lahir : Jakarta 10 Oktober 1980
Kewarganegaraan : Indonesia
Status perkawinan : Menikah
Kesehatan : Sangat Baik
Agama : Islam
Alamat lengkap : Rawageni, Jl. Swadaya I, Rt 6/Rw 8
no. 34 Ratu
Jaya Panmas Depok 16431
Telepon, HP : 021 - 7777777, 021 – 999999
E-mail : widastuti@yahoo.co.id
Pendidikan
» Formal
1984 – 1990 : SDN Ciracas 010 Pagi Jakarta Timur
1990 - 1993 : SMP Negeri 208, Jakarta Timur
1993 - 1996 : SPK POLRI Kramat Jati Jakarta Timur
1999 - 2002 : Program Diploma III, jurusan Manajemen
Pelayanan RS
(MPRS) STIKES MH. Thamrin Jakarta Timur
» Non Formal
2002 : Kursus Komputer di Viona komputer (sertifikat)
1997 : Kursus Komputer di BSI (sertifikat)
2000 : Kursus Akutansi dasar di MULTI MITRA
(sertifikat)
1991 : Kursus Bahasa Inggris di YPI College
(sertifikat)
Kemampuan
- Kemampuan Administrasi, pengarsipan, pengaturan
jadwal,
pelaksanaan acara
- Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS Power
Point).
- Kemampuan Internet.
Pengalaman Kerja
Bekerja di RSIA Hermina Jatinegara
- Periode: Agustus 1996 – Agustus 1999
- Status : Pegawai Tetap
- Posisi : Perawat kesehatan
Uraian singkat pekerjaan :
- Melayanani kebutuhan pasien baik Ibu, Bayi, Balita
dan anak
- Asisten dokter praktek
Bekerja di RSIA Hermina Depok - Bogor
- Periode : Mei 2002 – Agustus 2005
- Status : Pegawai Tetap
- Posisi : Sekretaris Medis dan bagian pengendalian
mutu
Uraian singkat pekerjaan :
- Mengatur jadwal pertemuan bisnis, pertemuan
internal, dan perjalanan
bisnis.
- Melakukan surat-menyurat bisnis dalam Bahasa
Indonesia maupun
Bahasa Inggris (via internet maupun non internet).
- Membuat acara – acara kantor ( sebagai sekretariat )
- Mengontrol dan mengumpulkan data dalam rangka
pengendalian mutu serta membuat laporannya secara berkala
Bekerja di Asuransi Manulife Jakarta
- Periode : Juli 2007 – Oktober 2007
- Status : karyawan kontrak
- Posisi : Bagian Klaim kesehatan Rawat jalan dan
Rawat Inap
Uraian singkat pekerjaan :
- Memasukkan data tindakan medis yang dilakukan pasien
saat berobat agar dapat di dilakukan pembayaran
Jakarta, 01 Januari 2010
Wida Astuti
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar